LOMBA LARI 11K LUSTRUM KE-8 UNS

Posted on Updated on

IMG_1627

Agenda besar Menwa 905 dalam memperingati dies natalis Universitas Sebelas Maret Surakarta ke 40 kembali digelar. Lomba lari 11K menjadi kegiatan rutin dari tahun ke tahun sebagai salah satu even bergengsi tingkat nasional yang diadakan oleh Menwa 905 UNS. Acara ini tidak tanggung-tanggung jumlah peserta yang mengikutinya, 1500 orang peserta bukan jumlah yang sedikit. Dalam jumlah sekian ribu terdapat 6 kategori yang dapat dipilih sesuai kriteria peserta, yaitu umum putra, umum putri, pelajar putra, pelajar putri, menwa, dan TNI/POLRI. Kerena terdapat sekian kategori, pesertapun dari berbagai macam kalangan, mulai masih pelajar, atlet, mantan atlet, resimen mahasiswa, sampai TNI dan Polisi bahkan ada yang sekedar mengikuti karena tergiur doorprise yang menarik dan jumlah yang banyak.

Lomba ini terlaksana sudah ke-10 kalinya tiap tahun di bulan dies natalis UNS. Lancarnya suatu acara dan membludaknya peserta adalah bukti kesuksesan panitia mempersiapkan agenda besar ini dengan baik. Pihak universitas sepenuhnya mendukung kegiatan ini, pun dengan sponsor yang mendukung kelancaran di hari pelaksanaan.

Minggu, 13 Maret 2016 pukul 06.30 peluit tanda dimulainya lomba berbunyi, seluruh peserta berhamburan ingin mendahului tiap lawan. Antusias mereka terlihat saat pelari pertama masing-masing kategori mencapai finish dengan hitungan waktu yang luar biasa singkat, 34 menit. Dengan bercucuran keringat penuh semangat, di lewatinya garis finish dengan teriak penuh kemenangan, sungguh pemandangan yang membanggakan.

Setelah seluruh peserta sampai di garis finish, dilanjutkan dengan hiburan yaitu joget bersama penyanyi yang suaranya mampu menghilangkan lelah usai berlari dan pengundian berbagai macam doorprise, khusus panitia sediakan untuk peserta lomba si tahun emas UNS tercinta lustrum ke-8.Tidak hanya para peserta yang antusias dengan kegiatan ini, banyak masyarakat sekitar kampus yang menjadi pedagang ‘dadakan’.

Berikut beberapa komentar para peserta, dosen, dan warga sekitar UNS yang kami wawancarai atas terlaksananya kegiatan ini,
“Acara ini sudah menjadi agenda rutin saya sejak 2012, selain saya mantan pelari maraton, di usia saya yang bisa dibilang ‘senior’ ini bisa menjadi tolok ukur perkembangan prestasi waktu yang saya tempuh dari tahun ke tahun. Akan lebih membuat saya semangat ketika tahun berikutnya panitia bersedia mengundang mantan-mantan pelari sejawat saya dulu.” kata seorang peserta dari kategori umum putra.

“Selain menmbah prestasi kami, acara ini juga merupakan agenda terbesar menwa Uns, dimana tidak sedikit anggota menwa lain berkumpul mempererat silaturahmi dan kerjasama antar menwa. Namun alangkah baik jika kategori menwa dipecah lagi untuk menwa putra dan putri.” ujar rekan kategori menwa.

‘’Atas perintah atasan kami berangkat, dan kamipun dengan senang hati mengikuti perlombaan ini. Kami bisa bertemu dengan leetting, senior, junior kami yang dinas berjauhan. Jikalau tidak bisa mendapat juara, minimal kami selesaikan target lari 11 Km (sampai finish) ya menghindari kami dapat tindakan berupa pulang dengan jalan jongkok jika tidak sampai finis, hahahaha’’ gurau salah satu peserta kategori TNI.

“Agenda ini telah saya dan teman-teman klub ikuti dari tahun ke tahun, karena kami anggota klub atletik nomor lari jarak jauh..selain di even resmi yang diadakan rutin saya bertemu lawan baru yang berarti menambah pengalaman. Pada lomba tahun ini juga kami gunakan sebagai persiapan agenda rutin bulan depan.” ucap peserta kategori pelajar.

“Khusus nya mahasiswa olahraga, lomba ini menjadi sarana mereka menambah nilai mata kuliah atletik yang terus berkelanjutan hingga tiga semester dan memperbaiki tingkat kebugaran jasmani. Untuk ke depan, semoga mahasiswa olahraga dari universitas lain bisa mengikuti lomba lari 11K dalam rangkaian acara Dies Natalis UNS.” komentar Bapak Dosen Jurusan Olahraga.

“Memanfaatkan acara ini, banyak warga yang membuka kios dadakan sebagai penghasilan tambahan karena dilihat dari peserta yang membludak bisa memberi keuntungan dari dagangan yang kami jajakan. Jadi secara tidak langsung lomba ini juga memberi kesempatan warga untuk mendapat penghasilan. Kami harap kedepan panitia dapat menyediakan tempat yang lebih luas untuk para pedagang dan menjalin kerjasama atas sewa tempat yang digunakan” ujar salah satu pedagang, warga sekitar uns. dn

WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *