MENWA 905 LATIH TARUNA SMK SAKTI GEMOLONG

Posted on Updated on

Wira 905 Melatih Taruna SMK Sakti Gemolong

Beberapa hari lalu anggota Resimen Mahasiswa mendapat tugas sebagai instruktur bagi para Taruna SMK Sakti Gemolong. Latar belakang Resimen Mahasiswa yang terkenal disiplin dibawah didikan langsung para anggota TNI membuat pihak sekolah memilih Menwa UNS sebagai pelatih Taruna SMK Sakti Gemolong agar terbentuk sikap tegas lagi disiplin.

Apa saja yang diajarkan kepada Taruna SMK Sakti Gemolong ?

Selama empat hari berturut-turut yang dimulai hari Senin tanggal 21 hingga hari Kamis 24 Maret 2016, anggota Menwa UNS melatih Taruna SMK Sakti kelas X dengan jumlah peserta 600-an Taruna. Banyaknya jumlah peserta tersebut maka pihak sekolah membagi menjadi empat kompi.Masing-masing kompi menerima materi berbeda secara bergantian setiap harinya.

Materi yang diajarkan oleh instruktur dari Menwa UNS antara lain PUDD (Peraturan Urusan Dinas Dalam) misalnya tata cara berpakaian Taruna, guru, staf, karyawan dan unsur lainnya harus menggunakan seragam yang telah ditentukan, bersikap bagaimana di sekolah, harus menaati peraturan di sekolah dan lain sebagainya.

Yang tidak kalah penting adalah melatih Taruna untuk bersikap tegas dan disiplin. Taruna juga diajarkan bagaimana menata tempat tidur sendiri, bagaimana menata pakaian di almari, dan lain-lain.

Penyampaian materi sedikit berbeda dengan sekolah pada umumnya. Seperti namanya ‘Taruna’ maka cara penyampaiannya juga sedikit banyak diterapkan cara militer dengan pola kedisiplinan. Bagaimana cara mereka duduk, cara bertanya dan menjawab, semua diatur seperti dalam militer berbeda dengan sekolah pada umumnya. Penyampaian materi juga menggunakan alat peraga guna memudahkan Taruna menyerap materi dari para instruktur.

Dengan dilatih sedemikian rupa diharapkan dapat membentuk mental Taruna SMK Sakti Gemolong sebagai generasi penerus bangsa yang disiplin, tegas, tanggungjawab dan rela berkorban untuk membela Tanah Air tercinta, NKRI. dn

Berikut videonya [youtube https://www.youtube.com/watch?v=S5y9O5TXBpQ&w=560&h=315]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *